Caping Apps: News, Forums, and More Information

 

Caping bukan sekedar aplikasi berita yang biasa kita temui di smartphone kita melainkan suatu inovasi baru dengan memberikan beberapa fitur yang menarik di dalamnya agar pengguna dapat menggunakan aplikasi ini mudah dan nyaman. Dan juga mereka memiliki maskot yang lucu yang berbentuk dalam beras yang berwajah riang hingga pengguna ingin memilikinya (saran untuk caping : buat bonekanya). Karena caping itu sendiri meliki makna yaitu topi caping yang biasa digunakan petani sawah yang hendak ingin memanen padi.

Sekarang ini, aplikasi mobile terus berkembang pesat, hal tersebut tidak hanya berlaku untuk game tetapi juga untuk aplikasi yang membantu kebutuhan sehari-hari menjadi lebih praktis. Salah satu contohnya adalah membaca berita.

Bila pengguna adalah seorang yang suka membaca berita, mungkin aplikasi Caping ini bisa menjadi salah satu pilihan.

Aplikasi ini memiliki perpaduan yang cukup menarik, dari logo dan namanya. Keduanya merepresentasikan bahwa isi konten dari Caping kebanyakan dari media-media Tanah Air. Aplikasi membaca berita, Caping ini dikembangkan oleh PT. Englory Intertech Group dan konon menurut Christian Priguna, selaku Marketing dari PT. Englory Intertech Group mengatakan bahwa aplikasi ini memiliki sekitar 60.000 pengguna.

Mengusung tagline “We Care What You Care” aplikasi Caping memiliki Tim Editorial yang akan mengkurasi topik dan berita terkini yang dirasa berguna untuk Gadgeteers, karena menurut Caping, di luar sana banyak sekali berita yang mungkin kebanyakan dari berita tersebut tidak terlalu penting untuk pembaca.

Caping pun menyadari, bahwa setiap orang memiliki seleranya masing-masing. Oleh karena itu dalam aplikasi ini kita dapat mengatur sendiri berita mana yang bakal muncul di newsfeed. Kategori berita yang dihadirkan oleh Caping cukup banyak, mulai dari Olahraga, Ekonomi, Tekno, sampai ke Politik. Sumber beritanya pun dapat terpercaya yakni seperti Kompas, Liputan 6, Tabloid Bintang, Tempo, Viva, Kapanlagi, Sindonews, Bintang, Merdeka, Fimela, VOA Indonesia, Republika, Bolanews, Okezone, dan ratusan sumber terpercaya lain.

Yang menarik dari Caping adalah adanya kategori Humor dan FunPic. Kategori tersebut bisa menjadidistraction untuk membuka aplikasi ini karena di dalamnya ada bacaan-bacaan ringan, humor, gambar lucu yang bisa menghilangkan pikiran stres pengguna setelah beraktivitas seharian penuh.

ForumDiskusi

Caping mengklaim, bahwa aplikasinya merupakan satu-satunya aplikasi membaca berita yang mempunyai forum diskusi. Berbagai trending topic bisa dibahas di sini dan pengguna bisa bertukar informasi, berteman, dan menemukan komunitas di forum Caping. Selain itu hampir sama seperti media sosial lainnya yang memiliki fitur follow, aplikasi ini memungkinkan pengguna lain mengikuti kita dan kita pun dapat mengikuti orang lain tersebut. Dan juga Caping memberikan fasilitas forum untuk Universitas di Indonesia untuk saling berinteraksi dengan menggunakan aplikasi ini.

Tampilan membaca berita yang dimiliki oleh Caping terkesan simple dan ringan. Sehingga berita yang akan pengguna baca pun akan dengan cepat muncul. Di bagian pengaturan, pengguna bisa menentukan apakah gambar yang ada dalam berita tersebut berukuran besar atau kecil. Sehingga kita bisa mengatur pengeluaran kuota dan kecepatan loading berita tersebut.

Tentunya, aplikasi Caping ini pun masih memiliki kekurangan. Salah satunya adalah bahasa yang ditampilkan oleh Caping. Ketika sistem ponsel pengguna menggunakan bahasa selain Inggris, Indonesia dan Tiongkok. Contohnya saja, bahasa Jerman. Saat membuka aplikasi ini pertama kali, Caping akan secara otomatis mengubah bahasa tampilan dalam aplikasi ke dalam bahasa Tiongkok, bukan Inggris atau Indonesia.

Selain itu, permasalahan pun kadang terjadi ketika akan log in ke dalam aplikasi Caping. Kelebihannya, aplikasi ini menyediakan sistem log in maupun daftar yang dapat disinkronisasikan dengan akun Facebook, Google dan Twitter. Sehingga mempermudah untuk penggunanya. Namun kekurangannya adalah, kadang terjadi bug ketika kita log in menggunakan ketiga cara tersebut. Caping akan kembali ke home tetapi pengguna dalam keadaan belum log in.

 

Kendati begitu, hal tersebut tidak mengurangi kenyamanan dalam menggunakan aplikasi ini. So far Caping berhasil mendapatkan nilai yang cukup baik yaitu 80 dari 100. Bila Gadgeteers tertarik untuk menggunakan aplikasi ini, Caping bisa diunduh di kedua platform yaitu Android dan iOS. Untuk Android bisa diunduh di Google Play Store, dan iOS di App Store.

Source : GadgetGaul, Caping

Leave a comment