Library Goes To Digital : iJakarta

Perkembangan zaman semakin pesat, mulai dari penggunaan yang secara manual hingga canggih dengan berbagai cara pun di lakukan. Seperti dengan membaca buku yang kian kini menurun di kalangan masyarakat terutama pada masa remaja dan anak-anak sekarang. Seiring dengan perkembangan zaman anak-anak kini mulai memahami hingga menggunakan teknologi canggih hanya untuk sebagai hiburan semata selama berjam-jama. Sehingga membuat generasi sekarang dalam membaca semakin lemah.

Jakarta merupakan suatu kota dimana memiliki ide dalam pengembangan teknologi yang canggih, terutama masalah terhadap anak-anak hingga remaja dimana mereka mengalami penurunan dalam hal membaca buku di perpustakaan. Kendala tersebut salah satunya, maka dari itu sebagai gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, memberikan suatu agar anak-anak di Indonesia mau meningkatkan daya baca terhadap buku. Ahok,sapaan akrabnya, mengamati semua generasi muda sekarang hanya mengandalkan teknologi saja yang hanya menghabiskan waktu untuk melihat hiburan tanpa ada pengetahuan didalamnya. Dari pengamatannya gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mempunyai ide untuk membuat sebuah perpustakaan yang canggih dan dapat diakses oleh anak-anak sekarang melalui gadget mereka, ide tersebut dinamakan iJakarta.

iJakarta adalah sebuah aplikasi perpustakaan berbasis digital yang dapat diakses oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun pengguna berada. Aplikasi ini merupakan suatu invoasi yang sangat brilian karena dengan adanya perpustakaan digital ini penggemar baca dapat membaca buku dimanapun ia berada secara gratis dapat di akses secara online maupun offline. Aplikasi iJakarta merupakan hasil kerja sama Pemprov Jakarta dengan PT Woolu Aksara Maya sebagai pengembang. Aplikasi perpustakaan digital pertama di Indonesia tersebut dilengkapi dengan reader untuk membaca dan fitur media sosial. Nantinya media sosial akan dimanfaatkan sebagai sarana diskusi sekaligus untuk berbagi review buku yang dibaca. Penggunaan aplikasi iJakarta ini sendiri dapat digunakan tidak hanya sebagai sarana membaca saja tetapi dapat bersosialisasi juga dengan pengguna iJakarta yang telah terdaftar di aplikasi ini.

Aplikasi iJakarta ini sendiri memiliki beberapa fitur yang sangat menarik. Kita dapat mengakses aplikasi dengan menggunakan akun facebook kita atau mendaftar langsung dari email kita sendiri untuk sebagai data profil kita pada akun iJakarta.

 

Setelah melakukan registrasi pada akun iJakarta kita bisa langsung masuk ke dalam dashboard dimana terdapat menu yaitu Koleksi Buku, ePustaka, Home berisi status dari pengguna lainnya, Rak Buku, dan Notifikasi. Diaplikasi ini kita dapat mecari buku dan melakukan peminjaman buku sesuai dengan stok buku yang ada di ePustaka. ePustaka itu sendiri yaitu penerbit maupun pustaka yang berada di Jakarta dimana buku-bukunya di jadikan digital dan di masukkan ke dalam aplikasi ini sesuai dengan jumlah buku yang ada di pustaka maupun penerbit berikan kepada pengembang aplikasi ini.

Yang paling unik dalam aplikasi ini adalah proses peminjaman dan pengembaliannya sama dengan perpustakaan biasa. Bedanya aplikasi ini melakukan pengembalian buku dengan secara otomatis 3 hari peminjaman buku dan buku akan langsung di kembalikan secara otomatis tanpa harus kita melakukan pengembalian buku dan tanpa melakukan proses denda pada peminjaman buku. Inovasi ini sangat brilian karena biasanya pada perpustakaan biasa banyak anggota perpustakaan yang meminjam buku hingga lupa untuk mengembalikan bukunya dan akan melakukan proses denda sesuai waktu peminjaman bukunya.

Disamping itu juga dapat melakukan sosialisasi melalui chat dengan pengguna lainnya maupun dengan Author dari penulis buku.

iJakarta juga memiliki fitur unik lainnya yaitu Status Bagdes yang terdapat di dashboard akun profil pengguna dimana Status Bagdes  merupakan level baca pengguna, ada beberapa level baca di iJakarta yaitu Newbie, Bookworm, dan Socializer.

Jika ingin naik level maka user harus memenuhi beberapa persyaratan :

Newbie to Bookworm

–          Complete Profile

–          Posted > 5 Comments

–          Download 10 books to shelf

–          Open/Read 5 Books

–          Topped Up Voucher

Bookworm to Socializer

–          Follow 10 People

–          Share 10 Times

–          Recommend 5 Books

–          Get 10 Followers

Dengan adanya Status Badges ini membuat pengguna iJakarta semakin sering mengeksplor aplikasi ini.

Tidak kalah dengan fitur lain, pada saat kita membaca buku yang telah kita pinjam kita dapat melakukan pengaturan yang unik karena fitur ini dilengkapi dengan fitur yaitu eReader. eReader merupakan fitur baca buku yang dilengkapi dengan TOC (Table Of Content), Change Font Style, Change Font Type, Line Spasing, Change Theme, Bookmark, Search. Beragam fitur lainnya yang bisa kita dapati lewat iJakarta ini dengan keunikan dan inovasi yang luar biasa dalam pengembangan suatu yang biasa hingga menjadi luar biasa seperti perpustkaan digital ini. Dan aplikasi iJakarta ini dapat langsung di download  secara gratis melalui App Store Android mapun iOS. Karena aplikasi iJakarta cocok untuk hp Android, iOS, maupun Tab.

Aplikasi iJakarta ini selain dipergunakan dalam kondisi terkoneksi dengan akses internet atau Online, iJakarta ini bisa digunakan dalam keadaan tanpa koneksi internet atau offline akan tetapi ada batasan akses saat iJakarta tidak mendapatkan akses internet, adapun iJakarta bisa digunakan hanya sebatas membaca buku dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Sudah masuk dalam ke iJakarta ketika masih menggunakan iJakarta
  2. Sudah mendownload atau mengunduh buku.

Aplikasi iJakarta ini merupakan keluaran teknologi perpustakaan berbasis digital pertama di dunia. Dan suatu kebanggaan bagi warga negara Indonesia dan sebagai anak bangsa Indonesia untuk menggunakan aplikasi ini. Aplikasi iJakarta diluncurkan langsung oleh gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau disapa Ahok dengan bangga beliau meluncurkan aplikasi ini bersamaan dengan puncak acara Hari Anak Jakarta Membaca (Hanjaba), yang diselenggarakan, di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (13/10).

Dengan membaca kita dapat menambah ilmu pengetahuan kita dan dapat melakukan invoasi-inovasi baru yang dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar maupun dunia.

Source: iJakarta

One thought on “Library Goes To Digital : iJakarta

Leave a comment